Sabtu, 07 Juli 2018

Dijamin Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus di Sawah

 

Berita Gaya Hidup,- Sampai saat ini hama menjadi musuh utama bagi para petani. Pasalnya, serangan hama tersebut bisa membuat petani merugi. Salah satu hama yang sering menyerang tanaman padi di sawah adalah tikus.

Ya, binatang pengerat ini memang menjadi momok oleh para petani. Segala usaha dan upaya dilakukan untuk mengusirnya dari sawah. Namun terkadang cara mengusir tikus di sawah malahan membuat tanaman lain di sekitarnya menjadi terganggu.


 

Lantas bagaimana cara mengusir tikus di sawah yang aman dan alami. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

# Singkong

Cara mengusir tikus di sawah yang pertama menggunakan singkong. Tanaman ubi kayu ini bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami.

Bagaimana cara membuatnya? Parut singkong yang sudah Anda siapkan, tapi jangan dicuci namun langsung disatukan dengan air kelapa lalu rebus sampai mendidih. Rebusan singkong tersebut dapat disimpan pada lubang tempat atau sarang tikus atau juga jalan tikus.

# Kolang Kaling

Selain singkong, Anda juga bisa memanfaatkan buah kolang kaling. Buah yang biasanya banyak beredar saat bulan puasa ini, pada Live Draw Hongkong itu bisa membuat tikus gatal-gatal jika tersentuh getah tersebut.

Cara membuatnya tidak sulit, kupas terlebih dulu kolang kaling tersebut, kemudian cacah lalu letakkan pada tempat di mana hewan pengerat ini biasa melewatinya.

# Kulit Durian

Kulit durian juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir tikus. Dan membasmi tikus menggunakan kulit durian termasuk yang paling sering digunakan oleh para petani.

Tikus tidak suka bau atau aroma yang menyengat, termasuk salah satunya buah durian. Selain bau, kulit durian yang runcing juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi tikus.

Cukup letakkan kulit durian tersebut di lokasi yang kerap dilalui oleh tikus. Dengan kulit durian yang tajam dan bau yang menyengat, maka tikus tidak akan mendekati tempat sekitar durian.

# Pohon yang berduri

Cara mengusir tikus di sawah lainnya dengan menggunakan pohon yang tangkainya berduri, seperti pohon salak.

Tidak berbeda dengan cara yang dilakukan saat menggunakan kulit durian, untuk tangkai yang ada durinya itu juga disimpan di jalan yang kerap dilewati oleh binatang pengerat ini. Jika tikus tersebut kena duri, maka akan menjauh serta kapok untuk mendekati lokasi tersebut.

# Mengkudu

Cara lainnya mengusir hama tikus yang sering merusak tanaman padi adalah dengan memakai buah mengkudu atau nama lainnya pace. Sama seperti durian, mengkudu juga dapat dimanfaatkan bau atau aroma untuk mengusir tikus. Bau mengkudu sangat menyengat kaerena seperti bau busuk, dan itu yang ditakutkan oleh tikus.

Caranya tidak sulit, setelah menyiapkan buah mengkudu Anda tinggal memotongnya menjadi beberapa bagian. Kemudian simpan pada lokasi yang sering dilalui oleh tikus. Ketika tikus mencium bau yang berasal dari mengkudu, maka tikus itu tidak berani untuk mendekatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar